Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai Jasa para Pahlawannya, "SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2017"

Pesantren

Sejarah Singkat Pesantren Arrahmaniyah

Berdirinya Pondok Pesantren Arrahmaniyah tercetus dengan adanya latar belakang ingin memajukan pendidikan Islam sesudah Indonesia merdeka, yang dalam masa penjajahan selalu ditekan dengan keadaan serba sulit dan menderita, apalagi kehidupan agama yang cukup kritis. Pesantren ini bermula hanya untuk santri putri yang kemudian dikembangkan menjadi pondok pesantren putra-putri. Berakar dari sinilah cita-cita perjuangan Arrahmaniyah mulai diwujudkan dengan semangat panji kebesaran Islam yang diniatkan sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Maka tercetuslah Pondok Pesantren pada tanggal 27 Rajab 1378 H, bertepatan dengan tanggal 23 Juli 1948 di Bojong Pondok Terong.


Setahun kemudian berdirilah Madrasah Ibtidaiyah pada tanggal 14 Agustus 1949 dengan nama Perguruan Sirajul Athfal. Kemudian dari perkembangan pendirian madrasah, lahir unit baru yaitu PGA (Pendidikan Guru Agama) dengan nama Mualimin. Pada Tahun 1981 dikuatkan dengan akta pendirian sebagai Yayasan Pendidikan pada tanggal 8 Desember 1981 dengan nama Yayasan Pendidikan Islam Arrahmaniyah melalui akta notaries A. Koesnoen No. 3, dan berkembang pesat hingga sekarang dengan mencakup beberapa unit pendidikan yaitu TPA, TK, MI, MA, SMP, SMU, SMK, dan STKIP.

Dalam pengelolaannya Pondok Pesantren Arrahmaniyah dituntut untuk selalu dinamis dan terus mengikuti perkembangan jaman, sehingga pada taraf berikutnya dimunculkan pembagian tugas dan peran secara fungsional sesuai dengan visi dan misi pengembangannya. Pondok Pesantren Arrahmaniyah memadukan system pendidikan salafiyah dan modern dalam system pendidikannya, karena itulah Arrahmaniyah tidak hanya memberikan materi kajian-kajian Islam salafiyah tradisional tetapi juga kajian Islam dalam konteks modern kontemporer. Arrahmaniyah juga menekankan tentang pentingnya pendidikan ilmu pengetahuan umum, keterampilan, disiplin ibadah dan disiplin hidup, sehingga Arrahmaniyah menjadi media pendidikan pesantren yang berbasis sekolah atau sekolah berbasis pesantren.

Pondok Pesantren Arrahmaniyah adalah salahsatu pesantren yang-ditinjau dari segi pendirian, jumlah santri dan siswa serta kelengkapan lembaganya termasuk pondok pesantren yang besar. Sebagaimana pondok pesantren yang lain, peran yang dijalankan Arrahmaniyah adalah sebagai lembaga pendidikan, dakwah, sekaligus sebagai agen perubahan sosial masyarakat.


VISI dan MISI

Visi


Usaha meningkatkan Kader pejuang Muslim yang bermutu, sumber daya manusia yang unggul, muttaqin, Ikhlas beramal, dan bertanggungjawab terhadap diri, masyarakat dan agama dengan berlandaskan nilai agama dan budaya bangsanya.

MISI
1. Membangun Muslem pejuang yang cakap dan cerdas dengan dijiwai panca jiwa pondok pesantren dan motto pondok pesantren.
2. Ikhlas beramal dalam pengabdian kepada bangsa, agama dan negara

 

PANCA JIWA PONDOK PESANTREN

Adalah jiwa pesantren yang ditanamkan kedalam setiap jiwa santri dan keluarga besar Pondok Pesantren Arrahmaniyah:

1. Jiwa Keikhlasan
2. Jiwa Kesederhanaan
3. Jiwa Berdikari
4. Jiwa Ukhuwah Islamiyah
5. Jiwa Kebebasan


 



MOTTO PONDOK PESANTREN

1. Berbudi Luhur
2. Berbadan Sehat
3. Berpengetahuan Luas
4. Berfikiran Bebas


KEPENGURUSAN

Pengasuh Pondok Pesantren

KH. Abdussomad Rahman Fadil : Pendiri/Pengasuh/Pimpinan YPI ARR
Ustj. Hj. Munawaroh Ali : Pendiri/Pengasuh
Ustj. Hj. Aminah Somad : Pendiri/Pengasuh
Ustj. Hj. Musyarofah Muti : Pendiri/Pengasuh

KH. Abuddin Somad S.Pdi : Pengasuh/Pemimpin

Pengurus Pondok Pesantren

Ust. H. Ahmad Purqon, SIP, M.Si : Ketua
Ust. M. Badruddin, SS : Sekretaris
Ust. Ahmad Rizal Fikri, SIP : Waka Administrasi dan Keuangan
Ust. Ali Bustomi : Waka Pengajaran dan Kurikulum
Ust. Ahmad Darussalam : Waka Kesantrian dan Pengabdian
Informasi saran : HM. Abduh Telp/WA : 0812 88888 134 atau ypiarrahmaniyah@gmail.com